Pasang Iklan Disini

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Mempunyai masalah dengan nafas tak sedap dan bau mulut memang cukup menjengkelkan.  Apalagi setiap hari tentunya kita harus berhadapan dan berbicara dengan setiap orang. Bau mulut tidak memandang usia, dari anak-anak, remaja hingga orangtua. Ada beberapa faktor penyebab bau mulut diantaranya, kebersihan rongga mulut dan gigi yang kurang  terjaga, penyakit bawaan seperti gusi berdarah, sariawan dan gangguan asam lambung, kurangnya cairan ludah, serta makanan yang diasup seperti bawang, kopi, rokok dan lain-lain.

Menjaga kebersihan rongga mulut untuk mencegah munculnya bau mulut bisa dilakukan dengan cairan kumur dan menggosok gigi secara teratur. Namun hal ini tidak akan bertahan lama, karena hanya akan bertahan beberapa jam saja, apalagi jika kamu yang memiliki masalah bau mulut yang parah. Selain itu jika cairan ludah berkurang,  maka “penyakit” ini akan segera menghinggapi aroma  nafas kita.


Di zaman yang serba instan ini, tentunya kita ingin sesuatu yang praktis dan efektif. Termasuk dalam upaya menghilangkan bau mulut tadi. Tak tepat kiranya jika kita memakai obat kumur atau menggosok gigi pada saat beraktivitas di kantor atau saat belajar di sekolah.



Penyebab Bau Mulut


1. Bau mulut muncul karena faktor kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut itu sendiri.

Gigi dan mulut yang kurang bersih faktor pemicu pertama timbulnya nafas tak sedap. Bakteri dan mikroorganisme yang bersembunyi di bawah lidah dan diantara sela-sela gigi akan menimbulkan racun dan bau yang tak sedap. Sariawan maupun gusi yang bengkak juga berpengaruh terhadap aroma nafas kita. Aroma napas tak sedap yang muncul akan lebih menyengat pada mereka yang memiliki masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, plak gigi, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis. Tonsil atau amandel juga menyebabkan munculnya bau mulut. Crypst atau lubang di dalam amandel, menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan sehingga menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman.


2. Faktor Asal makanan maupun minuman yang dikonsumsi

Sudah bukan rahasia lagi, bawang putih, durian dan jengkol penyebab bau mulut tak sedap, meski kita sudah menyikat gigi. Hindari kopi dan merokok juga. 


3. Bau mulut karena gangguan organ tubuh dan penyakit tertentu

Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak di tubuh yang menyebabkan bau naga. Bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit seperti infeksi saluran napas, infeksi sinus kronis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis. Mulut kering atau xerostomia juga dapat menyebabkan bau mulut. Ludah diperlukan untuk melembabkan dan menetralkan asam yang diproduksi plak, juga mencuci sel-sel yang mati yang terkumpul di lidah, gusi, dan dagu. Jika tidak dikeluarkan, sel-sel ini akan menyebabkan bau mulut. Mulut kering bisa jadi disebabkan oleh pengobatan tertentu, masalah pada kelenjar ludah atau pengobatan saluran napas yang dilakukan lewat mulut.


4. Kurang Menjaga Kebersihkan Mulut

Yap, salah satu penyebab bau mulut adalah pola hidup anda yang kurang sehat seperti malas menggosok gigi secara rutin, misalnya tidak menggosok gigi di pagi hari, setiap sehabis makan dan malam hari, akibatnya kebersihan mulut anda tidak terjaga, banyak sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut anda hingga terbawa tidur dan membusuk dimulut . Sehingga ketika bangun di pagi hari, mulut anda akan mengelurkan bau tak sedap. 


5. Memakan Jengkol dan Petai (Makanan dengan Bau Tak Sedap)

Kemudian penyebab bau mulut selanjutnya adalah karena memakan makanan yang berbau tak sedap seperti jengkol, petai dsb. Mungkin bagi sebagian orang jengkol dan petai adalah makanan yang wajib dihindari, namun bagi sebagain orang juga, makana tersebut adalah makanan yang sangat lezat walaupun dapat membuat nafas menjadi bau.


6. Merokok

Semua orang pasti tahu benda yang satu ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selama ini kita mengetahui bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit ganas seperti kanker, gangguan kehamilan dan lain sebagainya. Namun ternyata rokok juga merupakan salah satu penyebab bau mulut, so, jika anda ingin sehat dan terhindar dari bau mulut, kurangi bahkan berhenti merokok sekarang juga.


7. Sariawan

Hampir semua orang pasti pernah merasakan bagaimana sakitnya saat mulut anda terkena sariawan. Biasanya kita akan melihat benjolan berisi nanah pada mulut kita. Benjolan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi pada mulut kita dan hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab bau mulut.





8. Lupa Sarapan Pagi

Lupa sarapan pagi ternyata menjadi salah satu penyebab bau mulut. Pada mulut kita ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut. Bakteri tersebut bisa mati oleh air liur yang diproduksi oleh mulut kita sendiri. Pada saat kita lupa sarapan pagi, otomatis perut kita dalam keadaan kosong, dan hal terebut menyebabkan produksi air liur kita menjadi berkurang, akibatnya mulut kita menjadi bau, karena bakteri penyebab bau mulut tadi, berkeliaran dimulut kita. (baca juga: Bahaya melewatkan sarapan pagi)


9. Ada Gigi yang Berlubang

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh adanya salah satu gigi anda yang berlubang. Jadi, maka dari itu, mulai dari sekarang rajin-rajinlah membersihkan mulut anda salah satunya dengan menggosok gigi, agar kesehatan gigi anda tetap terjaga.



Bagaiamana Cara Menghilangkan Bau Mulut?

Nah, tadi sudah dijelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut. Sekarang Carboonite akan berbagi tips jitu untuk mencegah dan mengatasi bau mulut secara cepat dan alami. Berikut beberapa tips ampuh untuk menghilangkan bau mulut :

1. Menjaga Kebersihan Mulut




Tadi sudah dijelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan mulut kita menjadi bau, dan hampir semuanya berkaitan dengan kebersihan mulut. Jadi, agar kita terhindar dari bau mulut, sebaiknya anda harus rajin membersihkan mulut anda, seperti dengan rajin menggosok gigi 2x sehari (bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari), jika perlu anda bisa menggosok gigi setiap kali sehabis anda makan.


2. Kurangi Makan Makanan yang Berbau Tak Sedap


Jika sebelumnya kalian suka sekali dengan makanan yang baunya menyengat seperti jengkol dan petai, mungkin mulai dari sekarang kamu harus mulai menguranginya. Terlebih lagi jika kamu akan datang ke suatu acara seperti rapat, pesta dsb. 


3. STOP Merokok Sekarang Juga!



Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa salah satu penyabab bau mulut adalah merokok, jadi jika ingin terhindar dari bau mulut, mulai sekarang berhentilah merokok, ganti rokok anda dengan yang lain, misalnya perment karet, cokat ataupun yang lainnya. Dengan begitu, selain terhindar dari bau mulut, kamu juga akan terhindar dari penyakit ganas lainnya yang disebabkan oleh rokok.



4. Perbanyak Konsumsi Buah-buahan


Jika bau pada mulut disebabkan oleh sariawan, maka langkah tepat yang dapat kita lakukan adalah memperbanyak makan buah-buahan. Seperti yang telah kita ketahui, salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah karena kekurangan vitamin C, dan vitamin C bisa kita dapatkan dari buah-buahan.






5. Jangan Lupa Sarapan Pagi


Selain dapat mencegah masuk angin, sarapan pagi juga dapat mencegah timbulnya bau mulut, karena dengan sarapan pagi, bakteri penyebab bau mulut yang ada dimulut kita akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat. (Melewatkan sarapan pagi sangat berbahaya bagi kesehatan, baca selengkapnya di: Bahaya melewatkan Sarapan Pagi)


6. Jaga Kesehatan Gigi


Jika bau pada mulut anda disebabkan oleh gigi berlubang, anda bisa mengunjungi dokter gigi, anda bisa menambal gigi tersebut atau bahkan mencabut gigi berlubang tersebut. 


7. Makan Beras


Orang-orang dulu percaya bahwa bau mulut dapat dihilangkan dengan memakan beras mentah (bukan nasi). Makannya orang dulu, jika selesai makan jengkol ataupun petai, biasanya langsung makan beras.


8. Kopi Hitam


Kopi hitam yang baru ditumbuk, dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya, ambil satu kepalan kopi hitam yang baru ditumbuk, kemudian makan. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi hitam ampuh untuk mengusir bau mulut.


9. Berkumur


Saat mulut anda mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat, kalian bisa berkumur. Kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau bisa juga dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.









10. Mengunyah Permen Karet


Kok perment karet? Emang apa hubungannya mas ? begini lho, kan tadi sudah dijelaskan, dalam mulut kita ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut yang akan mati oleh air liur yang dihasilkan oleh mulut. Jadi tujuan mengunyah perment karet adalah untuk merangsang produksi air liur pada mulut. Paham? Hehehe


11. Susu Kental Manis


Siapa sih yang gak tahu susu, selain enak susu juga menjadisumber kalsium. Ternyata selain tinggi kalsium susu juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya campurkan susu kental manis tdi dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum.





Jika cara cara di atas tidak ampuh, ada kemungkinan terdapat gangguan ataupun penyakit yang menyerang lambung. Segera konsultasikan ke dokter atau tenaga kesehatan untuk mengetahuinya. Demikianlah Tips 'Memnghilangkan Bau Mulut' . Terima Kasih, semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bau Mulut"

 
Copyright © 2014 Carboonite - All Rights Reserved
Template By. Carboonite